Materi Excel Dasar Ppt
Materi excel dasar ppt
Agar bisa mengaplikasikan Microsoft Excel dengan baik, pelajari 20 rumus Excel di bawah ini untuk mempermudah pekerjaanmu dan ketahui fungsinya!
- SUM. SUM adalah rumus Excel yang digunakan untuk menjumlahkan angka pada sel-sel tertentu.
- MAX dan MIN. ...
- AVERAGE. ...
- COUNT. ...
- COUNTA. ...
- TRIM. ...
- IF. ...
- AND.
Apa yang dimaksud aplikasi Microsoft Excel beserta 3 fungsinya?
Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah.
Apakah pengertian dari microsoft office excel?
Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data.
Apa kekurangan dari Microsoft Excel?
Kekurangan Microsoft Excel
- Pengguna aplikasi yang belum benar-benar memahami fungsi, rumus, atau logikanya akan merasa kesulitan untuk menjalankan atau mengoperasikan aplikasi ini.
- Jika salah memasukkan rumus, data yang dihasilkan akan terpengaruh.
Bagaimana cara membuat rumus di Excel?
Membuat rumus sederhana di Excel
- Di lembar kerja, klik sel tempat Anda ingin memasukkan rumus.
- Ketik tanda = (sama dengan) diikuti oleh konstanta dan operator (hingga 8192 karakter) yang ingin Anda gunakan dalam perhitungan. Untuk contoh kami, ketik =1+1. Catatan:
- Tekan Enter (Windows) atau Return (Mac).
Jenis data Excel ada berapa?
Yakni tipe data Label, Value, dan Formula. Jika merujuk pada 4 jenis data maka biasanya disebutkan tipe data dimaksud adalah Data Teks (Label), Data Angka (Value), Data waktu (time) dan Data Tanggal (Date).
Sebutkan 3 langkah menjalankan Microsoft Excel?
Sebutkan cara menjalankan microsoft excel?
- Mengklik Start Button di bagian pojok kanan dari Windows.
- Mengklik tulisan Program.
- Mengklik Microsoft Office.
- Mengklik pada bagian Microsoft Office Excel.
Apa saja manfaat Microsoft Excel?
Kegunaannya Microsoft Excel dalam pekerjaan sehari-hari kita antara lain untuk melakukan perhitungan aritmatika dan statistika, membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika, membuat berbagai macam grafik dan diagram, membuat catatan keuangan dan anggaran, menghitung dan mengelola investasi maupun pinjaman,
Menu apa saja yang terdapat pada Microsoft Excel?
Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help.
Apa yang dimaksud dengan Lotus 123?
Lotus 123 merupakan salah satu program pengolah angka yang dulunya sering digunakan. Program ini bekerja di bawah kendali sistem operasi MS DOS. Lotus 123 dikeluarkan oleh IBM. Ketika diluncurkan, program ini berada dalam satu paket dengan aplikasi Office lainnya atau yang sering disebut Lotus SmartSuite.
Contoh aplikasi pengolah angka apa saja?
Daftar Aplikasi Pengolah Angka
- Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah program aplikasi yang digunakan untuk menulis, menghitung, dan menampilkan data berupa angka.
- Lotus 123. ...
- Kspread. ...
- StarOffice Calc. ...
- Open Office Calc. ...
- GNOME Office-Gnumeric. ...
- Abacus. ...
- Abs.
Berapa jumlah kolom yang ada di microsoft excel?
Fitur | Batas maksimum |
---|---|
Total jumlah baris dan kolom pada lembar kerja | 1.048.576 baris kali 16.384 kolom |
Lebar kolom | 255 karakter |
Tinggi baris | 409 titik |
Hentian halaman | 1.026 horizontal dan vertikal |
Apa kegunaan tombol F4 dalam fungsi vlookup dan hlookup?
3. Tujuan menekan F4 untuk rumus vlookup dan hlookup adalah sama. Untuk mengunci sumber data agar tidak berubah atau bergeser saat dipindahkan ke tabel lainnya. Jangan lupa tekan F4 sebelum mengetik “,” atau “;”.
Apa fungsi dari Average?
AVERAGE: Fungsi AVERAGE menampilkan nilai rata-rata numerik dalam set data, mengabaikan teks.
Bagaimana cara copy rumus Excel?
Berikut cara menyalin dan menempelkan rumus:
- Pilih sel dengan rumus yang ingin Anda salin.
- Tekan. + C.
- Klik sel tempat yang Anda inginkan untuk menempelkan rumus.
- Untuk menempelkan rumus dengan cepat bersama pemformatannya, tekan + V. ...
- Mengklik panah memunculkan daftar opsi.
4 Apa fungsi rumus value pada Excel?
Fungsi Excel VALUE. Fungsi Excel VALUE membantu mengonversi string teks yang mewakili angka (seperti format angka, tanggal atau waktu) menjadi angka.
Bagaimana membuat rumus if di Excel?
Cara membuat rumus IF di Excel adalah sebagai berikut.
- Tulis rumus =IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
- Logical test adalah pernyataan logika yang akan diuji.
- Value_if_true adalah hasil jika pernyataan logika benar atau True.
- Value_if_false adalah hasil jika pernyataan logika salah atau False.
Apa fungsi SUM average max dan min?
Fungsi Average menghitung rata-rata, atau rata-rata aritmetika, dari argumennya. Fungsi Max mencari nilai maksimum. Fungsi Min mencari nilai minimum. Fungsi Sum menghitung jumlah argumennya.
Apa perbedaan antara baris dan kolom?
Baris merupakan susunan dalam bentuk horizontal atau dari kanan ke kiri. Sedangkan kolom merupakan susunan dalam bentuk vertikal atau dari atas ke bawah.
Langkah langkah membuat tabel di ms Excel?
Cara Membuat Tabel di Excel
- Untuk membuat tabel Excel menggunakan insert table, langkah pertama Anda perlu menyiapkan sel atau rentang data yang hendak dimuat ke dalam tabel.
- Pilih menu pada tab insert, dan klik menu Table.
- Kemudian, saat Option Box muncul Anda bisa klik pilihan Create Table.
Post a Comment for "Materi Excel Dasar Ppt"